Kamis, 15 November 2012

KEUTAMAAN BULAN MUHARRAM


Muharram adalah bulan pertama pada tahun islam (hijriyah ), banyak umat islam di belahan dunia yang mengerjakan amalan-amalan untuk memperolah keridhoan Allah ditahun baru islam ini, Muharram berarti " terlarang " atau pantangan  adalah  Syahrullah (bulan Allah) yaitu  bulan yang agung dan diberkahi. Dan salah satu bulan dari empat bulan haram (dihormati) yang disebutkan oleh Allah Taala dalam firman-Nya,
إنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ
Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. Al-Taubah: 36)
Dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam,
اَلسَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ: ثَلاثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ
"Setahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya terdapat empat bulan yang dihormati. Yang tiga berurutan, yaitu Dzul Qa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Sedangkan (satunya adalah) Rajab Mudhar yang berada antara Jumadil Tsaniah dan Sya'ban." (HR. Bukhari no. 2958). Dan dinamakan Muharram karena dia termasuk bulan yang diharamkan (dihormati) dan keharamannya tadi diperkuat lagi dengan namanya.

Bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan haram, yang seharusnya dimuliakan. Cara memuliakannya bukan dengan mengkultuskannya sehingga menetapkan mitos-mitos yang tak ada dasarnya caranya adalah : 
1. Tidak mengerjakan maksiat dan dosa besar .
2. membaca doa akhir tahun sesudah sholat ashar diakhir bulan zulhijah 3 x inilah lafadz doanya
    
doa akhir tahun Doa Awal Tahun dan Doa Akhir Tahun
Artinya :
“Dengan nama Allah yang MahaPengasih dan Lagi Maha Penyayang. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara sekalian alam. Selawat dan salam terhatur ke  junjungan kami Nabi Muhammad s.a.w. serta keluarga beliau  dan para sahabatnya.
Ya Allah, sesungguhnya pada tahun ini aku telah melanggar laranganMu tetapi aku masih belum bertaubat sedangkan Engkau tidak ridho dan tidak melupakan perbuatan itu dan Engkau menangguhkan adzabMu yang telah ditetapkan kepadaku supaya aku bertaubat dari kesalahan itu. Sesungguhnya pada hari ini aku memohon ampunanMu, ampunilah aku dan apa yang telah aku lakukan pada tahun ini.  Dan perkara yang Engkau ridloi dan Engkau janjikan pahalanya  maka aku memohonnya dari Engkau. Ya Allah, janganlah Engkau putuskan harapanku kepadaMu Wahai Yang Maha Mulia; Dzat yang mempunyai Keagungan dan Kemuliaan.
Selawat dan salam selalu terhaturkan kepada tuan kami nabi Muhammad SAW beserta keluarga beliau dan para sahabatnya. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara sekalian alam”…Amin…
3. Membaca doa awal tahun sesudah sholat magrib malam pertama bulan muharram sebanyak 3 x inilah lafadz doanya

doa awal tahun Doa Awal Tahun dan Doa Akhir Tahun
Artinya :
“Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara sekalian alam. Selawat dan salam terhatur kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW  serta keluarga beliau dan para sahabatnya. Ya Allah, Engkaulah yang kekal abadi untuk selama-lamanya. Demi kelebihanMu yang Maha Agung dan kemurahanMu yang melimpah, sesungguhnya pada tahun ini aku memohon perlindungan kepadaMu dari syaitan yang terkutuk, kekasih-kekasihnya dan tentara-tentaranya dan aku berlindung kepadaMu dari nafsu amarah yang senantiasa mendorong kearah kejahatan dan memohon kepadaMu agar senantiasa aku mendekatkan diriku kepadaMu. Selawat serta salam terhaturkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW serta keluarga beliau dan para sahabat. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara  sekalian alam”….Amin…
4. Membaca ayat kursi 360 kali diawal bulan  muharram


5.. Memperbanyak amal shalih sebagai lawan dari maksiat, dan salah satu amal shalih yang ditekankan adalah berpuasa.  Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah s.a.w. bersabda, "Puasa yang paling utama sesudah puasa bulan Ramadan ialah puasa di bulan Muharram". (HR Muslim no. 1163)


Beberap hdist menyarankan agar puasa hari asyura diikuti oleh puasa satu hari sebelum atau sesudah puasa hari asyura karena Nabi Muhammad ingin membedakan puasa islam dengan puasa orang yahudi yaitu (tanggal 9 , 10 dan 11 muharram)
puasa asyura ada tiga tingkatan. 

a. Tingkat 1 adalah puasa yang dilakanakan pada tanggal 9 ,10 dan 11 muharram
b. Tingkat 2 adalah puasa yang dilaksanaka pada tanggal 9 dan 10 muharram
c. Tingkat 2 puasa yang dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11
d. Tingkat 3 adalah puasa  yang dilaksanakan pada tanggal 10 muharram
   Dari Ibnu Abbas  r.a berkata Rasulloh .S. A . W bersabda : " barang siapa berpuasa pada 10 muharram 
   maka Allah akan memberikan :
- Pahala 10.000. malaikat
- Pahala 10.000 orang berhaji dan umroh
- Pahala 10.000 orang yang mati syahid 
6. Bersedekah terutama kepada anak yatim piatu dengan mengusap rambutnya maka Allah akan menaikkan 
   dengan setiap rambut satu derajat .
7. Memberi makanan kepada muslim yang berpuasa Asyura maka seolah-olah dia memberi makan pada 
    seluruh ummat Rasululloh S.A.W.

       Artikel yang saya tulis diatas merupakan kutipan dari kumpulan berbagai artikel, semoga apa  yang saya tulis menambah pengetahuan tentang bulan muharram,  keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Subhanallohhuataala dan bermamfaat bagi kaum muslimin khususnya. Maaf ya! kalau ada kekeliruan dalam pengetikan, selamat membaca.








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar